Banner
Kementerian Pendidikan
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 5223
Pengunjung : 439
Hari ini : 1
Hits hari ini : 2
Member Online : 0
IP : 54.224.235.183
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

ppws_online    yulianto_sri_utomo

Sepur Jaladara Beroperasi Lagi di Awal Tahun 2013

Tanggal : 12/15/2012, 22:24:01, dibaca 3 kali.

TRIBUNJOGJA.COM, SOLO - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Yogyakarta memberi sinyal positif mengenai pengoperasian kembali Sepur Kluthuk Jaladara di Kota Solo. Wakil Kepala PT KAI Daops VI Yogyakarta, Sri Astuti memungkinkan pengoperasian kereta api uap kuno tersebut pada awal tahun 2013 mendatang. "Diharapkan tahun 2013 bisa dijalankan," katanya akhir pekan ini di Solo.

Pengadaan kereta wisata di Kota Solo tersebut atas kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dengan PT KAI. Pengoperasian kereta uap tersebut dihentikan sejak Oktober 2012 lalu seiring selesainya masa perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak. Pemkot Solo telah mengajukan perpanjangan kerjasama sejak Juli 2012, namun sampai saat ini belum mendapat jawaban dari PT KAI.

Astuti menjelaskan, sedianya kereta tersebut telah direncanakan kembali dioperasikan pada bulan Januari 2013. Namun, karena terjadi kerusakan pada lokomotif kereta, pihaknya memutuskan untuk menunda pengoperasian untuk memperbaiki kerusakan sekaligus melakukan pengecekan kondisi kereta api secara keseluruhan. "Sekarang perbaikan dan pengecekan sedang digarap. Diharapkan Februari 2013 sudah bisa beroperasi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan membahas ulang kontrak kerjasama PT KAI dengan Pemkot Solo, di antaranya yakni membahas biaya sewa kereta tersebut. Tarif ideal sewa kereta uap tersebut dalam satu kali perjalanan yakni Rp 5 juta. "Tidak bisa semuanya dibebankan kepada konsumen. Nanti akan kita bahas selisih dari biaya ini siapa yang menanggung," jelasnya.(*)



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas